RSS

BAHASA INDONESIA, BAHASA PERSATUAN

Seperti yang kita tahu, hampir seluruh negara di dunia ini memiliki bahasa persatuannya sendiri dan itu termasuk juga Indonesia yang memiliki bahasa persatuan BAHASA INDONESIA.
          Bahasa Indonesia ialah sebuah dialek bahasa Melayu yang menjadi bahasa resmi Republik Indonesia. Kata "Indonesia" berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu Indos yang berarti "India" dan nesos yang berarti "pulau". Jadi kata Indonesia berarti kepulauan India, atau kepulauan yang berada di wilayah India
          “Kami, putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia, demikianlah bunyi alenia ketiga sumpah pemuda yang telah dirumuskan oleh para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928  yang kemudian menjadi pendiri bangsa dan negara Indonesia. Bunyi alenia ketiga dalam ikrar sumpah pemuda itu jelas bahwa yang menjadi bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia.

          Bahasa Indonesia ialah bahasa yang terpenting dikawasan republik kita. Dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar, berarti kita telah menjunjung tinggi bahasa persatuan seperti yang diikrarkan dalam sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 tadi.
          Kedudukan bahasa Indonesia di negara Republik Indonesia itu selain sebagai bahasa persatuan juga sebagai bahasa negara atau bahasa Nasional dan sebagai budaya. Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, maksudnya sudah jelas karena fungsi dari bahasa Indonesia itu sendiri adalah sebagai pemersatu suku bangsa yang beraneka ragam yang ada di Indonesia.
          Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara atau bahasa Nasional, maksudnya bahasa Indonesia itu adalah bahasa yang sudah diresmikan menjadi bahasa bagi seluruh bangsa Indonesia. Sedangkan bahasa Indonesia sebagai budaya maksudnya, bahasa Indonesia itu merupakan bagian dari budaya Indonesia dan merupakan ciri khas atau pembeda dari bangsa yang lain.
          Walaupun kita sebagai  siswa-siswi SMP Negeri 1 Denpasar yang merupakan Sekolah Bertaraf Internasional yang dalam berbagai pelajarannya menggunakan bahasa Inggris, sudah sepatutnya kita juga tetap menggunakan dan melestarikan bahasa Indonesia. Ini dikarenakan karena kita sebagai para pemuda-pemudi penerus bangsa Indonesia dan kita juga akan menentukan masa depan dari bangsa Indonesia. Karena itulah hendaknya bahasa-bahasa kita jangan pernah diabaikan, tetap dijunjung tinggi, karena dalam bahasamu terletak jiwa bangsamu.

0 komentar:

Posting Komentar